Selamat Datang di Website Kami,

Kami adalah para pecinta bumi dari MANSDA SAVE EARTH CLUB. Anggota kami sementara masih 10 orang dari para guru maupun siswa.
Kami sangat prihatin ketika ambang kehancuran bumi ada di depan mata. Kayaknya kami tidak bisa hanya tinggal diam dan menutup mata pada realitas itu.
Kami peduli, namun kami masih baru melangkah. Namun, kami sangat yakin jejak langkah kami akan semakin jauh untuk menyelematkan bumi.
Anda mau bergabung? Luruskan niat dan tulus.
Save Earth, because We Love Our Earth !!

Salam,
MSEC

Minggu, 07 Desember 2008

Anomali Air

By : Ahmad Muzakki

Mungkin, kita sering bertanya-tanya, megapa es itu bisa mengapung di air. Dan pastinya kita sudah tahu alasan mengapa es mengapung di air. Sungguh hal yang sangat menakjubkan, apabila kita mempelajari hal ini dengan sungguh-sungguh. Es itu juga termasuk benda padat kan!!, mengapa bias sampai mengapung diatas air? Jawabannya bukan hanya karena massa es itu lebih ringan dari massa jenis air, tapi ada sesuatu yang tersirat dibalik kejadian itu, dan yang pastinya sesuatu yang menakjubkan. Mau tau?


Sudah bukan menjadi rahasia umum bshwa semua zat yang apabila zat itu didinginkan, maka zat itu akan menyusut dan massa zat itu akan naik. Sebaliknya, jika suatu zat itu dipanaskan, maka zat itu akan memuai dan massa dari zar itu akan turun. Sebenarnya, apa hubungan semua itu dengan es? Es merupakan zat yang lebih dingin dari air. Tapi mengapa es itu memiliki massa yang lebih ringan dari air?

Air memiliki satu sifat yang tidak dimiliki oleh zat lainnya, suatu zat yang aneh. Namanya adalah sifat anomali air. Air yang didinginkan, maka massa air tersebut akan semakin berat, tetapi sunguh suatu kejadian yang menakjubkan ketika suhu air tersebut sampai pada suhu 4C, maka air itu berhenti menyusut, dan sebaliknya air akan memuai sampai pada suhu 0C, dan pada suhu 0C inilah es mulai terbentuk, maka jadilah es suatu benda padat yang asalnya dari air. Dan berat massa jenis es menjadi lebih ringan dari air.

Itulah kekuasaan Allah yang menciptakan air dengan sifat yang unik, dan berbeda dengan sifat zat lainnya. Coba bayangkan ketika air yang didinginkan itu terus-menerus menyusut hingga menjadi es. Dan massa es lebih berat dari air, maka apa yang akan terjadi? Maka di daerah Utara, ketika musim dingin tiba, danau-danau disana tidak akan memiliki air sama sekali karena air yang berada paling atas akan membeku dan tenggelam begitu seterusnya. Karena adanya sifat air yang unik ini (anomali air), maka lapisan air yang membeku, dan yang paling atas adalah bersuhu 0C dan di bawahnya bersuhu 1C, kemudian bawaqhnya lagi bersuhu 2C begitu seterusnya sampai 5C. Maka, apabila ada pendapat bahwa terciptanya dunia ini adalah “kebetulan” atau mereka hanya berpegang pada “Teori Evolusi”, maka itu sangat tidak mungkin, karena dunia ini terlalu terorganisir untuk sekedar dikatakan kebetulan.

1 komentar:

  1. aku suka artikelnya. aneh juga es yang berat bisa mengapung di air. tapi kayaknya masih perlu ditambah lagi deh,soalnya aku masih bingung tentang anomali air.....

    BalasHapus