Selamat Datang di Website Kami,

Kami adalah para pecinta bumi dari MANSDA SAVE EARTH CLUB. Anggota kami sementara masih 10 orang dari para guru maupun siswa.
Kami sangat prihatin ketika ambang kehancuran bumi ada di depan mata. Kayaknya kami tidak bisa hanya tinggal diam dan menutup mata pada realitas itu.
Kami peduli, namun kami masih baru melangkah. Namun, kami sangat yakin jejak langkah kami akan semakin jauh untuk menyelematkan bumi.
Anda mau bergabung? Luruskan niat dan tulus.
Save Earth, because We Love Our Earth !!

Salam,
MSEC

Sabtu, 13 Desember 2008

Sebatang pohon yang Bermanfaat

Oleh : Ary TWH


Sebuah pepatah berbunyi : mulailah sesuatu dari hal yang kecil, dan mulailah sesuatu itu dari dirimu sendiri. Pepatah itu kerap kali terdengar di telinga kita. Mungkin banyak orang menganggap remeh kata-kata itu, banyak yang menyepelehkan, dan menganggap bahwa terlalu sering orang mengatakan hal itu, tetapi lihatlah dampak akibat kelalaian manusia terhadap hal yang kecil. Contohnya, kelalaian manusia terhadap lingkungan mereka, pertama mereka hanya memotong dan mengambil sebagian kecil pohon di hutan, tetapi lambat laun kebiasaan kecil itu menjadi hal yang besar. Marak sekali terjadi pencurian kayu-kayu yang dilakukan secara illegal. Mereka mengambil iyu dengan semenah-menah hanya untuk kepuasan materi saja. Tanpa memikirkan apa yang akan terjadi dengan hutan, jika hal itu terus-menerus mereka lakukan.

Melihat hal itu, mulai saat ini kita sebagai manusia, sebaiknya kita dapat memikirkan bagaimana keadaan hutan di masa depan. Rasulullah bersabda :

خير الناس انفعهم للناس

Yang artinya : sebaik-baik manusia adalah manusia yang dapat bermanfaat bagi manusia lain.

Dari hadist dia atas. Hendaknya kita dapat mengapresiasikan hadits di atas dalam kehidupan nyata, dan itu menjadi pedoman kita menjadi manusia yang baik. Dengan hal itu hendaklah kita mau menanam kembali hutan yang gundul. Dengan melakukan penghijauan di lingkungan kita. Hal seperti itu tidak kita hanya lakukan ketika ada event tanam seribu pohon, atau yang lainnya. Tetapi baiknya kita hiasi lingkungan kita dengan pohon-pohon hijau yang rindang. Seperti pepatah di atas, sebaiknya kita mulai dari hal yang kecil, dan memulainya dari diri sendiri sebelum kita menyeru-nyerukan “Tanam “Seribu Pohon”, atau “Selamatkan Hutan Kita”, tapi pada kenyataannya semua itu hanya sebuah omong kosong belaka.

Salah satunya adalah menanam pohon di halaman rumah kita. Sekilas itu terlihat seperti hal yang sepeleh, tetapi sesungguhnya satu pohon yang masih kecil itu dapat memberikan persediaan oksigen untuk dua orang. Sungguh sesuatu yang bermanfaat bagi diri kita, dan bermanfaat pula bagi orang-orang di sekitar kita, dan tidak lupa pula hal itu juga bermanfaat sekali terhadap lingkungan kita. Pohon yang kita tanam akan menyerap CO2 di sekitarnya dan mengubahnya menjadi oksigen yang dibutuhkan oleh kita untuk bernapas. Apalagi kita bersama-sama menanam kembali hutan-hutan yang gundul, maka manfaatnya begitu besar, dan yang pasti polusi di bumi ini akan berkurang dan kita tidak perlu takut lagi terhadap pemanasan global yang sekarang kerap kali menjadi perbincangan yang serius. Bumi yang indah, dan hutan yang rimbun akan pepohonan itu senua menjadi cita-cita kita, tinggal bagaimana usaha kita mewujudkan itu semua. Cintailah, dan rawat hutanmu dengan baik!!!

0 komentar:

Posting Komentar