Selamat Datang di Website Kami,

Kami adalah para pecinta bumi dari MANSDA SAVE EARTH CLUB. Anggota kami sementara masih 10 orang dari para guru maupun siswa.
Kami sangat prihatin ketika ambang kehancuran bumi ada di depan mata. Kayaknya kami tidak bisa hanya tinggal diam dan menutup mata pada realitas itu.
Kami peduli, namun kami masih baru melangkah. Namun, kami sangat yakin jejak langkah kami akan semakin jauh untuk menyelematkan bumi.
Anda mau bergabung? Luruskan niat dan tulus.
Save Earth, because We Love Our Earth !!

Salam,
MSEC

Kamis, 18 Desember 2008

Indonesia Kaya Tenaga Surya

Melimpahnya tenaga surya yang merata dan dapat ditangkap di seluruh kepulauan Indonesia hampir sepanjang tahun sebenarnya merupakan sumber energi listrik yang sangat potensial. Sumber ini sebenarnya juga merupakan energi alternatif jika pada satu saat nanti krisis energi mulai melanda Indonesia.

"Suatu keengganan untuk memfaatkan tenaga surya secara maksimal di Indonesia mungkin karena tenaga surya tidak memiliki nilai bisnis yang tinggi dibanding dengan pemanfaatan energi listrik oleh PLN yang selama ini yang banyak memanfaatkan energi non matahari bahkan akan digunakan tenaga nuklir.

Kecenderungan membesarnya porsi energi listrik yang terjual ini untuk industri semakin nampak. Yaitu dutunjukkan oleh terdaftarnya belasan Perusahaan Konsumen Besar (PKB) pada PLTU Paiton yang akan merupakan 45% dari total daya terpasang PLTU Paiton.

Ditekankan, Indonesia termasuk negara yang boros energi pada tahun 1990. Untuk menghasilkan pendapatan nasional kotor (GNP) 1 juta dolar AS, Indonesia membutuhkan energi hampir dua kali lipat yang dibutuhkan Jepang. Dengan cadangan energi yang dipunyai Indonesia saat ini, terutama dari minyak bumi, tingkat konsumsi seperti itu tentu saja akan mempercepat Indonesia menjadi negara importir energi. Oleh karena itu, upaya konservasi energi listrik di industri harus segera direalisir menjadi tindakan yang konkret dan menjadi komitmen bersama.

Dengan kondisi ini nampaknya pembangkit tenaga listrik dengan tenaga matahari belum dapat bersaing dengan pembangkit listrik dengan bahan bakar fosil. Namun demikian pembangkit listrik tenaga matahari ini merupakan pembangkit tenaga listrik yang bersih dan tidak menyebabkan polusi. Keunggulan yang lain, keluaran yang tidak konstan dari solar panel hanya sesuai untuk beberapa pemakaian seperti untuk pemompaan air.

Dengan demikian melimpah ruahnya tenaga matahari yang terus memancar di seluruh Indonesia tak perlu menimbulkan rasa khawatir bahwa Indonesia akan kehabisan energi listrik dan harus mengimpor dari negara lain. Persediaan alamiah energi panas matahari yang sustainable telah lebih dari cukup jika dimanfaatkan secara maksimal.




0 komentar:

Posting Komentar